Review Anime: Tokyo Ghoul

Kali ini akan saya bahas habis-habisan penilaian saya sama anime ini, soalnya ini salah satu anime favorit saya :3.

(N.B: SPOILER ALERT!!!!!)

  • Tokyo Ghoul Season 1

Episodes: 12

Status: Finished Airing

Aired: Jul 4, 2014 to Sep 19, 2014

Producers: Marvelous AQL, TC Entertainment

Licensors: FUNimation Entertainment

Studios: Studio Pierrot

Source: Manga

Genres: Action, Mystery, Horror, Psychological, Supernatural, Drama, Seinen

Rating‎: ‎R – 17+ (violence & profanity)


  • Tokyo Ghoul Root A

Episodes: 12

Status: Finished Airing

Aired: Jan 9, 2015 to Mar 27, 2015

Producers: Marvelous AQL, TC Entertainment

Licensors:FUNimation Entertainment

Studios:Studio Pierrot

Source:Manga

Genres:Action, Mystery, Horror, Psychological, Supernatural, Drama, Seinen

Rating‎: ‎R – 17+ (violence & profanity)


  • Sinopsis:

Tokyo telah menjadi Kota yang kejam dan tak kenal ampun, tempat di mana makhluk ganas yang disebut “ghoul” hidup berdampingan dengan manusia. Warga Kota hidup dalam ketakutan dengan makhluk yang haus darah dan kehausan mereka untuk daging manusia. Namun, ancaman terbesar ghoul ini adalah kemampuannya berbahaya mereka untuk menyamar sebagai manusia dan berbaur dengan masyarakat.

Ken Kaneki, mahasiswa pemalu, kutu buku, yang langsung tertarik pada Rize Kamishiro, pembaca setia seperti dirinya. Namun, Rize tidak persis seperti dia tampaknya, dan pertemuan malang ini mendorong Kaneki ke kedalaman gelap dunia tidak manusiawi ghoul. Dalam perputaran nasib, Kaneki diselamatkan oleh pelayan misterius Touka Kirishima, dan dengan demikian dimulai lah kehidupan baru dan rahasianya sebagai setengah-ghoul dan setengah manusia yang harus menemukan cara untuk mengintegrasikan kehidupannya di dua dunia yang berbeda.

 

  • Story: (10/10)

Story-nya “ten out of ten”, EPIC!!, menarik. Cerita anime ini mengambil referensi dari salah satu cerpen Franz Kafka yang berjudul Metamorfosis, dan saya coba beli bukunya dan ternyata emang mirip. Kelebihan cerita dari anime ini adalah banyak sekali plot twist-nya, jadi banyak adegan yang gak kalian sangka, terutama perubahan sifat kaneki dari awal episode sampai seterusnya, kalian pasti bakal kaget dan gak nyangka sama sifat Kaneki yang berubah :v. Untuk season 1-nya adegan actionnya kurang banyak, tapi di season 2-nya lumayan sih. Oh iya saya banyak banget nemuin komen-komen yang bilang kalo anime Tokyo Ghoul ini buruk banget, soalnya story line-nya banyak yang dipotong dan gak sesuai sama manga-nya. Karena saya penasaran akhirnya saya coba baca manga-nya, dan saya terkejut, ternyata yang dibilang orang-orang bener, banyak banget adegan-adegan di manga yang gak ada di anime, emang sih kalo di manga biasanya lebih detail daripada di anime, tapi ini potongnya kebangetan, apalagi season 2-nya cerita awalnya diubah total dari yang ada di manga. Kalo di manga kaneki membuat kelompok sendiri untuk meng-hancurkan Aogiri Tree sementara kalo di anime-nya dia malah gabung ke Aogiri, kan jadi gak nyambung :v.

Kalo saya perkirakan secara persentase, adegan di anime ini yang sesuai sama di manga hanya sekitar 40% dari 60%. Anime ini menurut saya genre-nya lebih ke gore daripada horror, dan adegan di anime-nya gak sesadis di manga, terutama adegan pas Kaneki di siksa sama Yamori sama pas Kaneki lawan Ayato. Kalo kalian pengen nonton anime ini, saya kasih saran, mendingan kalian nonton Season 1-nya aja, dan baca kelanjutannya di Manga, Soalnya biarpun banyak yang dipotong tapi seluruh adegannya masih sesuai dengan yang ada di manga. Tapi kalo kalian pengen nonton yang season 2-nya juga, saya sih gak ngelarang, saya cuma menyarankan aja.

  • Character:

Karakter-karakter yang ada di anime ini keren-keren, desainnya cool, saya suka banget sama desain topeng dari setiap karakternya, desainnya cool dan unik. Sekali lagi saya bahas karakter utamanya aja ya…;)

Ken Kaneki

3e9b7e631b8ba8690d905d230c3d4588

fe5bfd1a8f20a840247e50e77ff04a27

Seiyuu: Hanae Natsuki

Awal ngeliat Kaneki tuh kesannya culun banget, gaya rambutnya mangkok gitu lagi :v. Tapi nih karakter berubah jadi pejantan setelah disiksa sama Yamori. Sifat yang paling ngeselin dari Kaneki itu sifatnya yang selalu merasa bersalah, biarpun bukan kesalahan dia tapi dia nganggep itu kesalahannya dan juga dia mau ngelindungin orang-orang yang penting bagi dia, tapi dia gak pernah berpikir tentang diri dia sendiri. Oh iya itu rambut Kaneki berubah jadi putih sama kukunya jadi item bukan karena di cat loh :v, tapi gara-gara stress dan jari-jarinya berulang kali dimutilasi sama Yamori pas dia lagi disiksa, nama penyakitnya adalah Marie Antoinette syndrome.

Kirishima Touka

c65c8c630dc01b477aff54e8aabc67b1

Seiyuu: Amamiya Sora

Touka punya sifat yang dingin, sedikit kasar. Saya bingung hubungan dia sama Kaneki tuh gimana? :v, soalnya kan awal-awal itu dia kasar gitu sikapnya sama Kaneki, tapi semenjak Kaneki ninggalin Anteiku dia jadi sedih gitu, dan pas ketemu Kaneki dia seneng :v (menurut penglihatan saya sih :v), dia pengen banget Kaneki balik ke Anteiku. Oh iya setelah time skip di manga-nya, sifat dia berubah loh, lebih dewasa, kalem, lebih sering senyum.

  • Animasi: (8/10)

Untuk animasi saya rasa udah lumayan ya, detailnya, background-nya, tapi ada bagian-bagian yang masih kurang menurut saya.

  • Sound: (9/10)

Saya demen banget sama OP anime ini, Unravel. Awalnya saya gak suka, tapi entah kenapa setelah diulang berkali-kali jadi suka. Lirik-nya juga keren lagi, pas banget untuk ngegambarkan anime ini. Kabarnya sih TK ngebuat lagu Unravel emang khusus untuk Tokyo Ghoul.

  • Overall: (9.8/10)

Point plus dari anime ini menurut saya adalah bagian story line-nya. Ceritanya  menarik dan kompleks, untuk sound saya harap di setiap season OP-nya Unravel terus. Untuk teman-teman yang kurang suka sama anime yang cerita-nya berbelit-belit saya gak saranin sih nonton Tokyo Ghoul, karena pasti cepat bosan, dan untuk anime-nya adegan actionnya masih minim, gak kayak di manga.

 

Sumber Gambar: Google.com

 

Leave a Reply

